Entri Populer

Sabtu, 07 Mei 2011

komunitas Fixied Gear

Jika anda pernah melewati sekitaran daerah Jl. Ternate 10 di kawasan penuh butik, FO dan distro di jalan Riau Bandung, akan terlihat banyak sepeda warna-warni menghiasi parkir area tempat tersebut. Di tempat ini sering dipergunakan oleh beberapa muda-mudi Bandung yang senang bersepeda. Salah satunya 2 pemuda ini. Ayang dan Agung. Ayang adalah ketua komunitas sepeda fixed gear Bandung ini, yang dipercaya memegang kendali komunitas. Sedangkan Agung adalah anggota yang juga memanfaatkan komunitas ini untuk berjualan spare parts. Pemuda-pemuda ini memang sudah lama menjadi penggerak beberapa komunitas di Bandung. Beberapa dari mereka dulunya sempat mendirikan komunitas sepeda Low Rider.

Fixed gear sebenarnya mulai digemari masyarakat Amerika, Jepang, dan Australia pada tahun 2008. Hanya dalam tempo 6 bulan kemudian, atau tepatnya pertengahan tahun 2009, fixed gear sudah mulai digemari orang Indonesia.

Komunitas Fixed Gear Bandung awalnya hanya beranggotakan empat orang. Mereka adalah Ayang, Indra (alm), Cholid, dan Rifa. Anggota komunitas terbagi dua, ada yang total hanya bermain di fixed gear ada yang juga bermain di low rider (LR) atau BMX. Namun pada dasarnya, anggota menyukai fixed gear karena hobi ini tergolong extreme sport yang menantang.
 
Jumlah anggota saat ini sudah mencapai 35 orang lebih. Bila komunitas mengadakan acara, sedikitnya 20 anggota hadir. Anggotanya ada yang bergabung sejak awal. Namun ada juga awalnya sendiri, lalu karena mulai ada perkenalan tentang komunitas banyak yang akhirnya bergabung. Namun karena gaya bersepeda mereka free style bahkan cenderung ekstrem, disarankan untuk bermain bareng karena akan lebih seru. Tidak ada ketentuan organisasi di komunitas ini.Siapa yang suka bisa ikutan gabung.
 
Menurut mereka, bergabung dengan komunitas ini banyak manfaatnya. Dapat banyak link soal sepeda dan bisa saling memberi masukan baru mengenai sepeda fixed gear ini. Komunitas fixed gear Bandung ini berencana ingin membuat eksebisi sepeda fixed gear dengan mengundang beberapa komunitas fixed gear yang juga sedang eksis di kota-kota lain seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali, tujuannya tiada lain untuk lebih menguatkan jaringan pengguna fixed gear di Indonesia.

Komunitas ini setiap minggu berkegiatan mengelilingin beberapa tempat di Bandung, sambil berkumpul dan berbincang. Di Bandung jalan-jalannya cukup ekstrim dan lebih fun untuk bersepeda karena udaranya yang sejuk.
 
Jika anda suka tantangan dan bersepeda dengan gaya ekstrim, bergabunglah ke komunitas-komunitas seperti ini. Bisa mendapatkan hal yang fun, baru dan menyehatkan.[snty/timBX]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar